Resep Lapis Tepung Singkong

Resep Lapis Tepung Singkong

Resep Lapis Tepung Singkong

Kue lapis biasanya menggunakan bahan dasar tepung beras saja, namun pada resep kali ini kue lapis dibuat dengan menambahkan adonan tepung singkong.
Tepung singkong dan tepung beras dipadukan untuk pembuatan kue lapis ini, membuat rasanya menjadi semakin lembut dan lebih lezat dibanding kue lapis biasa.

Resep Lapis Tepung Singkong

Waktu persiapan
15 menit
Waktu memasak
60 menit
Waktu total
1 jam 15 menit

Bahan-bahan
150 gram tepung singkong
100 gram tepung beras
100 gram gula pasir
400 ml santan pandan
½ sdt garam halus
pewarna makanan sesuai selera (merah/hijau)

Cara membuat
Masak 200 ml santan bersama gula, garam, dan tepung beras hingga jadi bubur. Lalu Angkat
Bagi adonan jadi 2 atau 3 bagian
Beri ⅔ bagian dengan pewarna sesuai selera. Biarkan ⅓ bagian adonan tetap warna putih
Campur masing-masing bagian dengan tepung singkong dan sisa santan dengan volume yang sama lalu blender supaya adonan tercampur rata
Tuang adonan kecetakan yang sudah dioles minyak, kukus selapis demi selapis selama 8 menit. Lakukan hingga adonan habis
Setelah adonan habis, kukus selama 15 menit hingga benar-benar matang. Angkat dan setelah agak dingin kelaurkan dari loyang
Potong-potong, sajikan

Membuat Kue Lapis Tepung Singkong ini sangatlah mudah bukan karena proses pembuatannya hanya butuh mencampurkan, memblender adonan dan mencetak adonan menjadi beberapa lapis dengan warna yang berbeda-beda tiap lapisnya. Bila Kalian penggemar berat kue basah jajanan pasar tradisional tidak ada salahnya untuk sesekali coba membuat kue lapis ini sendiri di rumah, karena bahan baku yang digunakan juga mudah didapat, harga pembuatan nya juga sangatlah murah.

Demikian resep membuat kue lapis tepung singkong, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Membuat Apem Jawa Lezat

Cara Membuat Apem Jawa Lezat

Cara Membuat Apem Jawa Lezat 

Inilah resep Apem Jawa, cara mudah membuat Apem Jawa dan bahan-bahan membuat Apem Jawa untuk Kalian yang sedang mencari bagaimana cara membuat Apem Jawa di rumah sendiri.

Apem Jawa sebenarnya banyak varian kue apem yang ada di nusantara, Apem Jawa adalah salah satunya. Resep Apem Jawa ini berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan tape singkong. Paduan bahan inilah yang menciptakan rasa manis-gurih pada Apem dan cocok untuk disajikan kapan saja, untuk makanan ringan keluarga, hingga jamuan pesta di rumah.

Berikut adalah resep Apem Jawa dan cara membuat Apem Jawa, kita mulai dari baha-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Apem Jawa dirumah sendiri.

Bahan-bahan:

275 gr tepung beras
100 gr tape singkong
½ sendok makan ragi instan
100 gr gula merah, haluskan
2 sdm gula pasir
150 mL air kelapa
250 mL santan kental
¼ sdt garam

Cara Membuat Apem Jawa

Haluskan tape singkong, campur dengan gula dan ragi instan.
Remas-remas sampai gula tercampur rata dan terlarut.
Tambahkan tepung beras pada adonan, aduk rata
Tuang air kelapa sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan selama 15 menit
Masukkan garam dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni rata
Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang
Panaskan cetakan apem/kue lumpur, olesi dengan sedikit minyak
Tuang adonan apem, tunggu hingga tampak lubang-lubang, tutup
Balik hingga sisi bawahnya matang.

Demikianlah info terkini masakan nusantara terkini 2017, cara membuat Apem Jawa yang lezat cocok untuk hidangan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat untuk yang sedang mencari resep dan bagaimana cara membuat kue Apem Jawa sendiri di rumah.

Cara Membuat Sus Kering Keju yang Renyah dan Enak

Cara Membuat Sus Kering Keju yang Renyah dan Enak

Cara Membuat Sus Kering Keju yang Renyah dan Enak

Cara Membuat Sus Kering Keju yang Renyah dan Enak
Inilah informasi terbaru resep Sus Kering Keju dan bagaimana cara mudah membuat Sus Kering Keju yang sederhan dan enak.

Kali ini Kami ingin menjelaskan bagaimana cara membuat Kue Sus Kering Keju, dan apa saja bahan yang dibutuhkan. Barangkali saja diantara Kalian ada yang membutuhkan resep cara mudah membuat Kue Sus Kering Keju.

Kalian dapat mempraktekkan sendiri untuk membuat Sus Kering Keju di rumah, bersama keluarga, teman atau sahabat. Selain caranya yang mudah dan jelas, bahan-bahan untuk membuat resep kue Sus Kering Keju ini mudah didapatkan di sekitar kita.

Sebelumnya juga pernah kami hadirkan berbagai resep masakan istimewa, seperti resep es krim Alpukat dan cara membuat es cendol Durian manis yang juga dapat Kalian coba di rumah.

Berikut ini adalah resep Sus Kering Keju dan langkah-langkah cara membuatnya . Kita mulai dahulu dari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Sus Kering Keju.

Bahan:

65 gram tepung
40 gram keju parut
1 butir telur
50 gram margarin
125 ml air
1/2 sdt BP
garam secukupnya

Cara Membuat Sus Kering Keju

Rebus air, garam, dan margarin.
Kecilkan api dan masukkan tepung sambil terus diaduk sampai tercampur rata. Biarkan hangat.
Masukkan telur perlahan ke dalam adonan hangat.
Mixer adonan setelah itu masukkan keju parut.
Mixer lagi sampai rata dam masukkan BP, aduk sampai rata.
Masukkan adonan dalam plastik spuit dan cetak di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
Panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius di 10 menit pertama.
Setelah itu turunkan suhu jadi 130 derajat Celcius dan panggang selama kurang lebih 30 menit.
Angkat dan dinginkan.
Sus kering siap disimpan dalam stoples dan disajikan kapan saja.

Demikianlah info terkini resep cara membuat kue kering Sus Kering Keju yang renyah dan enak buatan sendiri. Selamat mencoba di rumah dengan teman, sahabat maupun keluarga. Semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat Roti Jala Lembut Lezat dan Mudah

Resep Cara Membuat Roti Jala Lembut Lezat dan Mudah

Resep Cara Membuat Roti Jala Lembut Lezat dan Mudah

Roti jala yang biasa kita sebut juga tori kirai, makanan yang memilki nama yang unik ini adalah salah satu termasuk kedalam makanan melaya yang cukup famous juga di pulau Sumatra yaitu Riau. Meskipun kuliner yang satu ini terkenal makanan dari tanjung pinang riau, tetapi makanan lezat ini sebenarnya asalnya dari timur tengah, tepatnya daerah india. Kalian dapat menghidangkan sajian ini sebagai makanan penutup atau pelengkap saat kita menyajikan gulai atau kare kambing, pokoknya roti yang satu ini enak dan pas banget deh bila Kalian sandingkan dengan makanan-makanan yang berkuah seperti gulai dank are kambing.

Bila Kalian emang mau nyoba bikin roti jala yang lezat ini di rumah, yuk penulis bantu untuk mempermudah Kalian membuat roti jala yang lezat ini. bahan-bahan untuk pengolahan roti ini tidak ribet dan masih dapat Kalian temukan di supermarket. Kalo kali ini kamu mau coba buat pertama kalinya, pembuatan roti jala ini akan sedikit berantakan tetapi tidak perlu khawatir bila Kalian sering bikin pasti lama-lama rapi kok. Yuk sekarang kita coba bikin roti jala ini, mudah-mudahan rapi dan bagus hasilnya.

Resep Cara Membuat Roti Jala Empuk Enak dan Sederhana

Bahan-bahan roti jala :

Alat untuk membuat roti jala
1 sendok makan margarin untuk melicinkan Teflon
2 butir telur ayam utuh
100 gram tepung terigu kualitas bagus
200 cc santan kelapa cair, kelapa murni yaa kalo ada
Kare pasta bubuk atau pewatna kuning
1 sendok teh garam dapur halus

Langkah-langkah membuat roti jala enak :

1 Pertama-tama campur tepung terigu dengan garam dengan mengaduknya di wadah atau diblender ya sampai keduanya tercampur dengan rata.
2 Lalu pecahkan telur dan masukkan, kemudian diaduk juga sampai benar-benar merata.
3 Tuangkan santan cair dan masukkan kare pasta bubuk atau pewarna kuning kedalamnya, aduk sampai adonan menjadi cair dan menyerupai adonan untuk roti jala
4 Siapkan wajan atau Teflon, panaskan lalu olesi margarin sebelum kamu membakarnya
5 Kemudian mulailah membuat roti jala dengan memulai mengambil adonan menggunakan alat roti jala atau dengan sendok dan bentuklah jala-jala diatas Teflon tersebut.
6 Tunggulah adonan sampai berubah warna menjadi kekuningan dan benar-benar matang, kemudian lipat roti persegi panjang atau segitiga ya sesuai selera aja

Langkah terakhir hidangkan dalam piring saji cantik ya

Mudah dan tidak sulit kan cara bikin roti jala ini, Kalian pun dapat bikin roti jala ini tanpa harus menggunakan alat cetak roti jala karena dapat juga menggunakan plastik air mineral yang diberi lubang (yang penting jangan sampai lebih dari segitiga lubang) atau sendok. Nah sekian resep roti jala rumahan, dan sajikan roti jala lengkap dengan pajri nanas dank are kambingnya. Selamat mencoba

Terima kasih.

Resep Kue Brownies Panggang Coklat Keju

Resep Kue Brownies Panggang Coklat Keju

Resep Kue Brownies Panggang Coklat Keju 

resep kue brownies, panggang coklat keju dengan beberapa variasi didalamnya akan membuat Kalian akan mencoba membuatnya dirumah. beberapa resep kue rumahan ini telah melalui beberapa proses pengolahan sehingga mendapatkan sesuatu hal yang unik dan enak. Bila Kalian akan mencobanya disarankan untuk membaca resep dsini.

Resep Membuat Kue Brownies Cokelat Keju Panggang

Bahan Adonan Cokelat:

325 gram gula pasir.
250 ml minyak goreng.
210 gram tepung Terigu.
60 gram cokelat bubuk.
½ sdt garam.
4 butir telur.
½ sdt vanili.

Bahan Adonan Keju:

225 gram gula pasir.
210 gram tepung Terigu.
175 gram minyak goreng.
150 gram Keju cheddar, parut.
3 butir telur.

Cara Membuat Kue Brownies Coklat Keju Panggang Enak

1 Langkah awal adalah, panaskan oven dengan Suhu 180 derajat celcius, kemudian olesi loyang berukuran persegi yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas negara roti.
2 Kemudian, kocok telur dan gula pasir hingga larut, masukkan garam dan kocok dengan menggunakan mixer. Setelah itu, mixer matikan, masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk, dan vanili. Lalu, aduk pelan-pelan dengan spatula.
3 Masukkan minyak goreng secara perlahan-lahan, aduk hingga rata. Tuang adonan cokelat ke dalam loyang dan, panggang selama 15 menit.
4 Selanjutnya, membuat adonan keju yang hampir sama dengan adonan cokelat. Hanya saja cokelat bubuk diganti dengan keju.
5 Ambil kue coklat setengah matang dari oven, kemudian tuangkan adonan keju di atasnya. Ratakan hingga seluruh bagian cokelat tertutup oleh adonan keju.
6 Panggang lagi hingga matang kurang lebih 45 menit.
7 Bila sudah matang, keluarkan dari oven dan loyang, potong sesuai selera.
8 Kue Brownies Cokelat Keju telah Siap dihidangkan.

Demikian Cara Membuat Resep Kue Brownies Cokelat Keju Panggang, Semoga bermanfaat untuk Kalian yang ingin mencoba.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis Dan Lembut

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis Dan Lembut

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis Dan Lembut

Salah satu jenis sajian yang sangat khas dan memiliki rasa manis yang super lezat dan nikmat adalah tape ketan. Sajian ini biasanya ada pada beberapa acara tradisional dan tidak di jual belikan secara umum karena saat ini sudah jarang sekali ada pedagang yang menjajakan tape ketan, hal tersebut di karenakan tape ketan tidak dapat tahan lama dan cara membuat tape ketan juga tidak mudah.

Bila hanya membuatnya saja mungkin memang benar terlihat mudah dan sederhana namun ketetapan rasa yang membuat tape ini berkualitas atau tidak, tidak banyak orang yang mencoba membuat tape dengan rasa yang manis dan juga lembut. Karena cara pembuatan tape ketan menggunakan ragi maka takaran antara ragi dengan tape harus pas dan sesuai, Selain itu hal yang harus di perhatikan yaitu takaran air kemudian butuh ketelitian dan tidak dapat sembarangan dalam membuat tape ketan. Bagi Kalian yang akan mencoba membuatnya sendiri di rumah, maka berikut informasi untuk takaran bahan yang di gunakan serta proses membuatnya.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis Dan Lembut

Bahan Utama Tape Ketan :

Beras ketan hitam 1 kg
Daun pisang
Air bersih 4 gelas
Ragi 4 butir
Gula pasir 4 sendok makan

Cara Membuat Tape Ketan :

Cuci beras ketan hitam hingga benar benar bersih.
Rendam beras ketan hitam dengan menggunakan air bersih dalam waktu semalam.
Setelah di rendam selama sehari, ketan di tiriskan kemudian di kukus hingga menjadi setengah matang.
Tuangkan 2 air panas ke dalam kukusan ketan dan di aduk hingga merata kemudian tunggu hingga kukusan menjadi matang.
Apabila ketan sudah matang maka tiriskan dan letakkan ke dalam nampan besar lalu di ratakan kemudian biarkan dingin dan haluskan raginya.
Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian gunakan daun pisang sebagai alasnya, tata daun hingga rapi dan hingga menutupi semua permukaan wadah.

Masukkan ketan hitam sebagai lapisan pertama kemudian ratakan lalu tambahkan dengan gula halus atau kastor di bagian atasnya.
Masukkan kembali ketan hitam sebagai lapisan kedua lalu tambahkan lagi dengan gula halus dan langkah ini di teruskan hingga lapisan ketan yang ketiga atau keempat.
Tutup permukaan ketan paling atas dengan menggunakan daun pisang dan tutup wadah hingga rapat lalu letakkan pada tempat yang hangat kemudian diamkan ketan dalam waktu 3 hari 2 malam.

Bila waktu sudah selesai maka tape ketan hitam dapat langsung di buka dan tape sudah dapat di hidangkan atau dapat langsung di santap.
Itulah cara membuat tape ketan yang sangat mudah dan sederhana. Kalian dapat membuat tape sendiri dengan hasil yang manis dan lembut bila benar benar memperhatikan takaran bahan serta bagaimana proses pembuatannya. Ketika Kalian sudah tahu bagaimana cara mengolah tape ketan maka ketika anda sedang memiliki acara keluarga atau acara kampung yang biasa rutin di lakukan maka Kalian dapat menyajikan tape ketan manis dan lembut sebagai sajian yang paling lezat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mohon maaf bila dalam penyampaian ada kesalahan ataupun kurang lengkap. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat Pisang Coklat Enak

Resep Cara Membuat Pisang Coklat Enak

Resep Cara Membuat Pisang Coklat Enak 

Resep cara membuat pisang coklat yang akan kami sajikan dalam artikel ini dapat jadi pilihan Kalian untuk menu jajanan di sore hari. Pisang cokelat hangat yang memiliki rasa manis dapat memberikan mood segar di hari Kalian yang melelahkan. Menu satu ini sangat mudah dibuat dan menjadi favorit tidak hanya dari kalangan atas melainkan juga populer di kalangan bawah. Untuk itu, agar Kalian tidak bosan dengan pisang cokelat yang itu-itu saja. Kami sudah membagi 2 resep membuat pisang cokelat dalam dua inovasi.

Resep pertama pisang coklat atau piscok
Untuk membuat pisang coklat pertama ini, bahan dasar yang butuh Kalian siapkan adalah;

Pisang raja
Cokelat kering dengan berat sekitar 1 ons
Minyak goreng untuk menggoreng
Telur ayam sebanyak 1 butir saja
Kulit lumpia
Langkah pembuatan pisang coklat
Untuk membuat pisang coklat, Kalian dapat mengikuti langkah di bawah ini;

Pertama-tama, silakan kuliti pisang Kalian hingga habis. Kalian dapat memotong pisang untuk menyesuaikan dengan ukuran kulit lumpia atau tidak juga tidak apa-apa, tergantung pisang yang Kalian pilih.
Lumuri pisang yang sudah dikupas tadi dengan coklat kering
Selanjutnya, lumuri pisang coklat dengan adonan dari lumpia sebagai penutup bagian luar
Tata dengan rapi kulit lumpia tersebut sesuai dengan bentuk yang Kalian sukai, dapat menyerupai kipas (setengah lingkaran) atau biasa seperti lumpia.
Siapkan wajan yang sudah ada minyaknya dan panaskan minyak tersebut
bila sudah panas, silakan Kalian memasukkan pisang yang sudah dibungkus kulit lumpia
Goreng hingga matang dan sajikan.
Taburi keju parut di atasnya sesuai selera Kalian (bisa ada bisa tidak)

Resep pisang coklat piscok kedua
Bahan dasar dari resep cara membuat pisang coklat kedua ini adalah;

Pisang mas, pisang raja, atau yang lainnya (sebaiknya yang ukurannya kecil)
Coklat batang sebanyak 200 hingga 250 gram
Meses warna-warni 1 bungkus saja
Stik es krim atau bisa diganti dengan tusuk sate
Cara membuat resep kedua
Berikut resep dan langkah yang dapat Kalian lakukan untuk membuat pisang coklat kedua ini;

Lelehkan coklat batang dalam wadah yang tahan panas. Sebaiknya, saat melelehkan, gunakan api kecil
Kupas pisang yang sudah Kalian siapkan tadi kemudian sesuaikan ukurannya dengan tusuk sate atau stik es krim yang Kalian siapkan. Tusuk pisang tersebut hingga bagian tengah dari stik es krim atau tusuk sate tenggelam oleh pisang
Masukkan pisang yang sudah ditusuk ke dalam coklat yang sudah di lelehkan hingga pisang terlumuri secara sempurna
Siapkan wadah untuk meses kemudian gulingkan pisang yang sudah dilumuri coklat ke meses dalam wadah tersebut, biarkan dingin.
Bila sudah dingin, masukkan dalam lemari es atau freezer supaya makin enak.

Silahkan mencoba!

Resep Zoupa Soup Ala Pizza hut Mudah Dan Praktis

Resep Zoupa Soup Ala Pizza hut Mudah Dan Praktis

Resep Zoupa Soup Ala Pizza hut Mudah Dan Praktis

Zoupa Soup, pernah dengar makanan yang satu ini? Mungkin agak asing ditelinga kita. Bagi  Kalian yang belum mengetahui apa Itu zoupa soup, sup ini adalah sup krim yang disajikan saat masih hangat dengan ditutup pastry, cara memakanya adalah merobek kue tersebut dan kemudian Kalian akan menemukan sup krim lezat didalamnya. Mungkin gambar dibawah ini dapat menjelaskan Apa Itu Zoupa Soup.

Zoupa Soup ini biasa di Jual di pizza hut. Biasanya para kaum perempuan sangat menyukai makanan yang satu ini. Nah bila Kalian tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat Zoupa Soup, simak ulasanya berikut ini. Sebenarnya cara membuatnya tidak terlalu sulit bahkan mudah, bila tidak percaya silahkan perhatikan resep Zoupa Soup berikut ini.

Resep Zoupa Soup

Bahan-Bahan untuk membuat Zoupa Soup
Ayam rebus 150 gram, dadu potong
Jamur kaleng 100 gram, Cincang
Bawang Bombay 50 gram, Cincang
Bawang Putih 1 siung
Kaldu ayam 1,5 lt
Susu menguap 250 ml
Tepung Terigu 50 gram
Mentega 100 gram
Lada ½ sendok teh
Garam ½ sendok teh
Chiken bubuk 1 sendok teh
Puff Pastry Siap pakai

Cara Membuat Zoupa Soup

  1. Buat cream pertama-tama soupnya terlebih dahulu. Tumis bawang bombay Dan bawang putih, kemudian masukan ayam dan jamur.
  2. Masukan tepung terigu, mentega serta bumbu bumbu dan kemudian diaduk
  3. Setelah itu masukan kaldu ayam.
  4. Masukan susu cair, aduk agar tercampur rata.
  5. Tuangkan sup krim yang telah matang kedalam mangkok yang tahan panas. Nah dalam pengisian jangan terlalu penuh agar kulit pastry tidak menyentuh , Maksimal ¾ mangkok saja. Karena bila tersentuh sup krim, puff pastry tidak mengembang dengan Baik.
  6. Potonglah puff pastry sesuai dengan ukuran mangkok, dan taruh diatasnya untuk menutup sup krim.
  7. Masukan kedalam oven dengan suhu tinggi selama kurang lebih 20 menit.

Demikianlah resep Zoupa Soup ala pizza hut . Cukup mudah bukan? Kalian tidak perlu membeli mahal mahal zoupa soup di pizza hut karena dapat membuatnya sendiri dirumah, bahkan bahannya dapat disesuaikan dengan selera Kalian seperti dengan menambahkan jagung atau bahan lainnya.

Resep Bika Ambon Pandan Praktis Khas Medan

Resep Bika Ambon Pandan Praktis Khas Medan

Resep Bika Ambon Pandan Praktis Khas Medan

Cara Membuat Resep Bika Ambon Pandan Yang Praktis, Enak, Lezat dan Tidak Bantet. Nama kue ini sih identik dengan ibukota dari kepulauan Maluku yang terkenal dengan keindahan objek wisata alam dan sejarah kepahlawanannya. Tetapi sebenarnya resep kue khas Indonesia ini yang bernama bika ambon ini berasal dari salah satu kota besar di pulau Sumatera, yaitu Medan. Cara membuat bika ambon pandan ini supaya enak, empuk dan legit sebenarnya cukup praktis dan mudah diikuti, bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Bahan bahan untuk membuatnya juga gampang didapat dan tidak berbeda jauh dengan resep kue bolu pada umumnya. Tetapi karena tekstur di dalam kuenya yang sedikit unik, yaitu berbentuk seperti sarang lebah, teman teman harus benar benar memperhatikan beberapa tips resep cara membuat bika ambon yang akan kita berikan dibawah ini. Mungkin karena tekstur bagian dalamnya yang unik inilah yang membuat harga bika ambon medan seperti merek zulaikha ini lebih mahal dibandingkan dengan harga kue bolu panggang atau kukus pada umumnya.

Siapa yang tidak kenal dengan resep bika ambon yang cukup fenomenal ini. Kalau dari tampilannya luarnya sih mirip dengan resep kue bolu yang lain. Tetapi kalau teman teman melihat ke bagian dalamnya, teksturnya memang berbeda dab cukup unik dengan rongga rongga dan sekat sekat ruang yang mirip sekali dengan sarang atau rumah tawon ini. Seperti juga kue bolu, resep bika ambon pandan ini bisa juga dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Kedua duanya cukup mudah dan praktis cara membuatnya. Tidak butuh menjadi seorang chief untuk bisa membuat kue bika ambon yang enak, empuk dan lezat. Tetapi tentu saja ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya tekstur dalamnya empuk, tidak bantet dan menyerupai serat serat sarang lebah didalamnya.

Kue satu ini memang cukup populer di tengah masyarakat kita. Selain untuk konsumsi sendiri, resep kue bika ambon juga menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat digemari. Mungkin karena cara membuat bika ambon yang cukup sulit (mudah dan praktis asal tahu tips cara membuatnya) makanya banyak diantara kita yang memilih untuk membelinya daripada membuatnya sendiri. Hal ini juga yang menyebabkan harga kue ini lebih mahal dibandingkan dengan kue bolu atau resep kue lainnya yang bahan bahan dan besarnya hampir sama. Padahal bahan bahan yang digunakan hampir serupa lho, seperti santan, ragi kue, pewarna pandan, tepung terigu dan yang lainnya.

Selain bahan bahan untuk membuat resep kue bika ambon pandan yang harus dipilih yang berkualitas bagus, cara membuat bika ambon dengan rasa pandan khas Medan ini juga menjadi faktor penting. Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah mencoba membuat kue ini dengan resep dan bahan yang sama tetapi gagal dan bantet. Yang paling sering terjadi adalah serat atau sarang di dalam kuenya tidak muncul sempurna sehingga bantet. Hal ini memang menjadi salah satu masalah terbesar. Untuk itu dibawah ini akan kita berikan tips untuk membuat bika ambon pandan yang enak dan lezat.

Untuk bahan yang digunakan, yang harus diperhatikan adalah santannya. Jangan pernah gunakan santan instan karena biasanya sudah dicampur dengan bahan tambahan supaya kental dan tahan lama. Gunakan santan asli dari perasan buah kelapa untuk membuat resep bika ambon pandan medan ini. Sebaiknya sih kita menggunakan oven khusus yang dibuat untuk resep bika ambon pandan ini yang dibagian atasnya ada lubang khusus untuk membuang panasnya. Tetapi kita juga dapat menggunakan oven biasa kok. Cukup buka ovenya sedikit sampai keluar sarangnya baru kemudian ditutup atau dapat juga dibiarkan saja sampai matang. Satu lagi yang penting, sebaiknya menggunakan api bawah saat membuat kue ini sampai sarangnya terbentuk Setelah itu dapat kembali seperti biasa. Kalau langsung, biasanya kue akan matang sebelum serat sarang tawonnya terbentuk.

Resep Bika Ambon Pandan Medan

Bahan Bahan Untuk Membuat Resep Bika Ambon Pandan Khas Medan
Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Gunakan tepung yang mempunyai kandungan protein sedang dan ayak terlebih dahulu sampai halus sebelum digunakan (bahan biang).
Ragi instan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sachet saja (bahan biang).
Air bersih untuk campuran bahan biangnya kurang lebih sebanyak 125 ml saja. Disarankan menggunakan air kelapa supaya rasa dan aromanya lebih harum dan enak (bahan biang).

Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs saja.
Tepung ketan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 25 gram saja.
Tepung sagu merek pak tani kurang lebih sebanyak 225 gram saja.
Pewarna makanan pandan hijau secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 tetes saja.
Air daun suji pandan kurang lebih sebanyak 50 ml saja. Campuran ini dibuat dari 2 lembar daun pandan segar dan daun suji kurang lebih sebanyak 20 pcs saja.

Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 13-15 lembar. Cuci bersih lalu sobek sobek supaya aroma segar khas jeruknya nya keluar. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
Santan segar yang diambil dari perasan parutan 1 butir kelapa kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
Batang serai diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih lalu memarkan batangnya supaya aromanya keluar.
Daun pandan segar kurang lebih sebanyak 2 lembar saja untuk memberikan aroma khas pandannya.
Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.

Cara Membuat Kue Bika Ambon Pandan Yang Praktis

Langkah pertama adalah membuat adonan biangnya.
Siapkan satu wadah dan masukkan air bersih, tepung terigu dan ragi instannya kemudian aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata kemudian biarkan selama kurang lebih 1/4 jam.
Langkah kedua ambil satu panci kemudian tuang santan bersama daun jeruk yang sudah disobek, garam dapur, batang serai, air daun suji, daun pandan dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai mendidih supaya semua bahan tercampur rata dan santannya tidak pecah.
Saring rebusan santan diatas dan sisihkan kurang lebih sebanyak 450 ml saja.
Ambil adonan biangnya dan kemudian tambahkan tepung sagi dan 25 gram tepung ketannya kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata. Sebaiknya diaduk menggunakan mixer yang spiral supaya tercampur sempurna.

Pecahkan telur dan masukkan satu per satu ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk supaya tercampur sempurna.
Masukkan adonan santan di langkah kedua sedikit demi sedikit ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk menggunakan mixer sampai tercampur sempurna kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya mengembang sempurna.
Panaskan cetakan yang akan digunakan sampai panas. Tidak perlu dialasi kertas roti karena nanti akan membuat kuenya tidak bersarang.
Tuang adonan bika ambonnya ke dalam cetakan panasnya tetapi jangan sampai terlalu penuh (cukup sekitar 3/4 tingginya). Ingat, adonan yang sudah didiamkan jangan diaduk lagi.

Masukkan ke dalam oven yang sudah panas dan tunggu sampai keluar sarangnya. Disini teman teman juga bisa menambahkan hiasan toping seperti parutan keju, kenari, kacang almond dan lainnya.
Setelah itu pintu oven bisa ditutup dan menggunakan api bawah dan masak sampai benar benar matang dan bagian atasnya berwarna kuning kecoklatan.
Selesai sudah proses pembuatan kue bika ambon khas medan dengan rasa pandan diatas. Memang kelihatannya agak ribet dan susah ya. Tetapi tidak ada salahnya bukan kalau kita bisa membuat sendiri resep bika ambon pandan diatas. Apalagi harga di pasaran juga cukup mahal. Jadi kita dapat lebih berhemat bukan. Atau malah dapat kita jadikan kue bika ambon diatas sebagai salah satu sumber pemasukan baru buat keluarga.

Resep Membuat Tempe Mendoan Gurih dan Enak

Resep Membuat Tempe Mendoan Gurih dan Enak

Resep Membuat Tempe Mendoan Gurih dan Enak

Tempe adalah salah satu janis makanan yang memiliki banyak kandungan proteinnya, tempe termasuk kedalam makanan empat sehat lima sempurna yang baik untuk kita konsumsi setiap harinya. Tempe dapat diolah berbagai macam jenis makanan yang enak-enak mulai dari yang digoreng biasa sampai masakan yang berkuah.

Sesuai tema yang diatas kami akan berbagi resep tentang tempe yaitu tempe mendoan. Tempe mendoan merupakan makanan tempe yang diproses dengan cara dicelupkan kedalam adonan tepung, lalu digoreng kedalam minyak goreng panas. Tempe mendoan ini serupa dengan tempe goreng tepung, makanan tempe yang satu ini berasal dari purwokerto.

Biasanya paling enak menikmati tempe mendoan ini bersama dengan cocolan sambal yang membuat tempe mendoan ini terasa lebih enak lagi, tempe mendoan ini termasuk kedalam makanan gorengan yang banyak tersedia dipedagang pinggiran jalan. Namun bila Kalian yang akan membuatnya sendiri, akan kami bantu dengan panduan resep dari kami. Mulai dari bahan dan bumbu yang digunakan sampai untuk kecara-cara membuatnya, dengan menggunakan resep membuat tempe mendoan gurih dan enak. Berikut ini adalah ulasan tentang resepnya.

Berikut Bahan – Bahan :

Tempe 250 gram
Tepung beras 50 gram
Tepung terigu berkualitas baik 100 gram
Gula pasir secukupnya
Daun bawang polong 2 batang, diiris halus
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
Air secukupnya
Berikut Bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah 5 biji
Bawang putih 5 biji
Kunyit 2 cm
Merica butiran 1/4 sdt, disangrai
Ketumbar 1/2 sdt

Berikut Cara – Cara Membuat Tempe Mendoan :

Pertama tempe diiris tipis.
Setelah itu siapkan wadah lalu masukkan tepung beras, tepung terigu, irisan bawang polong, bumbu yang dihaluskan, penyedap rasa, gula pasir serta garam diaduk sampai merata.
Tuangkan air secara perlahan kedalam adonan tepung sembari diaduk sampai merata.
Berikutnya celupkan irisan tempe kedalam adonan tepung sampai merata.
Gorenglah tempe kedalam minyak goreng panas dan goreng sampai matang sembari dibolak balik, angkat dan tiriskan.
Tempe mendoan siap untuk dinikmati.

Itulah untuk resep membuat tempe mendoan gurih dan enak kali ini, pastinya Kalian dengan sangat mudah untuk membuatnya. Terimakasih.