6 Kesalahan Memasak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

6 Kesalahan Memasak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Bagi sebagian orang, memasak adalah kebutuhan, tetapi sebagian juga menganggap kegiatan itu adalah sebuah karya seni. Kesalahan-kesalahan dalam memasak dapat merusak hasil karya seni tersebut.

Tidak hanya itu, meski terkesan sepele, tetapi kesalahan dalam memasak dapat mempengaruhi nilai gizi bahkan keamanan bahan pangan sendiri. Inilah kesalahan memasak yang mungkin Kalian lakukan selama ini.

1. Daging dan ayam
Mungkin Kalian sudah tidak sabar memakan daging dan ayam yang baru saja selesai dimasak. Padahal untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan juicy, Kalian perlu membiarkan terlebih dahulu daging dan ayam yang baru saja dimasak selama 5-20 menit.

2. Sayuran beku
Sayuran beku salah satu pilihan praktis bila Kalian tidak sempat membeli sayuran untuk teman makan Kalian. Namun, kesalahan yang sering dibuat saat mengolah makanan ini adalah menghangatkannya ke dalam microwave. Memasukkan nya ke dalam microwave tidak akan membuat sayuran menjadi lembut tetapi tetap keras dan tidak enak dimakan. Cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan mengukusnya.

3. Pasta
Untuk menghasilkan pasta yang enak dengan tekstur yang sempurna, kuncinya adalah pada merebusnya. Tambahan sedikit garam dan minyak saat merebus pasta adalah hal yang kerap dilupakan orang.

4. Telur
Supaya cepat mungkin Kalian kerap memecahkan telur di mangkok atau wajan. Padahal itu dapat meningkatkan kemungkinan pecahnya kuning telur. Maka pilihlah permukaan datar untuk membantu Kalian memecahkan telur.

5. Ikan
Bila Kalian memasak ikan pada wajan, maka pastikan alat masak itu benar-benar panas saat Kalian menaruh ikan di atasnya. Ini demi ikan tidak lengket pada wajan. Memasak ikan juga tidak boleh terlalu lama dan kering.

6. Menggoreng
Pastikan makanan tidak terlalu penuh di wajan saat digoreng. Sebab, makanan menjadi lebih sulit matang dan risiko saling menempel lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *