Resep Opor Telur Tahu Bumbu Spesial Dan Cara Membuatnya

Resep Opor Telur Tahu Bumbu Spesial Dan Cara Membuatnya

Resep Opor Telur Tahu Sederhana dengan Bumbu Opor Spesial untuk makan harian, untuk makan buka puasa, dan untuk Hari Raya. Beserta Cara Membuat dan Memasaknya Yang Benar. Opor telur adalah salah satu masakan dengan bahan utama telur khas Jawa berkuah kental dengan rasa gurih yang banyak disukai masyarakat. Seperti juga opor ayam, resep telur opor ini juga menggunakan berbagai macam bumbu opor tradisional. Biasanya dikombinasikan dengan ayam, ceker, tahu atau kentang untuk menambah selera. Perpaduan berbagai macam rempah, seperti kemiri, ketumbar, lengkuas dan lainnya membuat resep masakan opor ini nikmat sekali untuk dijadikan santapan saat lebaran atau menu masakan sehari-hari. Pada dasarnya resep ini dibagi menjadi 2 berdasarkan bumbu opor telur yang digunakan, yaitu opor putih dan opor kuning. Kali ini kita akan berikan tips cara membuat opor telur kuning yang enak dan lezat. Lengkap dengan cara memasak yang benar dan bahan bahan untuk membuat resep opor telur tahu yang kental dan mengundang selera.

Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, sebenarnya resep opor telur ini berasal dari daerah pulau Jawa. Tepatnya sih berasal dari propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan bumbu opor telur yang digunakan memang khas daerah tersebut. Cita rasanya yang kental dari santan asli yang digunakan memang membuat masakan opor ini mempunyai kuah yang lezat dan gurih. Walaupun sama sama menggunakan santan dan mirip dengan resep gulai atau kari, tetapi rasa dari resep telur opor ini memang sedikit lebih lembut rasanya. Hal ini dikarenakan penggunaan rempah remmpahnya memang tidak sebanyak kedua resep tadi. Cara membuat opor telur ini juga lebih praktis. Waktu dan cara memasak opor nya juga lebih sederhana dan praktis. Pas sekali untuk sajian masakan sehari-hari atau buat menu spesial lebaran atau buka puasa nanti.

Walaupun pada asalnya berasal dari pulau Jawa, tetapi saat ini resep masakan opor ini sudah tersebar sampai ke pelosok negeri ini. Bahkan di daerah pulau kalimantan mempunyai resep opor ayam Kutai yang spesial. Perpaduan bumbu opor telur dan santan yang gurih memang membuat masakan ini begitu nikmat untuk disantap di berbagai suasana. Bukan hanya untuk menu sarapan pagi, siang ataupun malam, resep opor telur ini bahkan menjadi hidnagan wajib saat Idul Fitri. Ya, banyak keluarga Indonesia yang menjadikan masakan opor menjadi menu masakan lebaran yang utama. Biasanya sih digabung dengan ketupat ataupun lontong. Selain rasanya yang sangat menggoda, cara membuat opor telur ini juga sederhana dan praktis.

Cara Memasak Resep Opor Telur Tahu Yang Benar

Seperti resep sayur lodeh, cara membuat opor telur tahu ini sangat mudah, praktis dan sederhana kok. Tinggal mencampur bumbu opor telur nya dengan bahan lain, jadilah resep masakan Indonesia yang unik dan lezat. Walaupun begitu, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga supaya tidak gagal. Pertama yang pasti takaran bumbu harus pas. Langkah cara memasak opor telur ini juga harus tepat urutannya. Selain itu tahu yang digunakan pilihlah yang lembut teksturnya. Supaya tidak hancur, sebaiknya tahu putih yang digunakan bisa dikukus terlebih dahulu. Dengan dikukus maka bumbu dan kuah opor nya bisa meresap kedalam dan tidak mudah hancur saat dimasak.

Perbedaan Opor Telur Kuning dan Opor Putih

Mungkin masih banyak diantara kita yang bertanya, kenapa kadangkala kita temukan masakan ini berwarna putih. Bukannya resep opor identik dengan kuah yang berwarna kuning? Ya, memang pada dasarnya ada 2 macam resep masakan ini yang beredar di tengah masyarakat. Yaitu opor kuning dan resep opor putih. Keduanya sebenarnya mempunyai bahan bumbu opor yang hampir sama. Cara membuatnya pun bisa dibilang sama. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah kemiri dan kunyit yang digunakan. Pada resep opor telur kuning yang akan kita buat kali ini bahan kunyit lebih banyak. Sedangkan pada resep telur opor putih kemiri yang lebih utama. Untuk lebih jelasnya silahakan melihat bahan dan cara membuat opor telur yang nikmat dan lezat dibawah ya.

Bahan Resep Opor Telur

Bahan utamanya berupa telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 butir. Dapat juga menggunakan telur putih sesuai selera.
Tahu putih ukuran sedang segar kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 pcs. Jangan gunakan tahu lama ya.
Santan kurang lebih sebanyak 800 ml. Santan ini terbuat dari 0.5 pcs kelapa ukuran sedang besar ya. Peras dan campur sampai mendapatkan santan sebanyak itu.

Bahan Untuk Bumbu Halus

Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 6 pcs saja.
Bawang putih kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
Kunyit kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
Ketumbar kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
Merica bubuk secukupnya atau merica butiran kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.

Bahan Tambahan Bumbu Opor Telur

Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih sebelum digunakan.
Daun jeruk purut segar kurang lebih sebanyak 2 lembar juga. Cuci sebelum dipakai.
Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Cuci bersih kemudian memarkan.
Batang sereh kurang lebih sebanyak 3 batang saja.
Kaldu ayam instan bubuk supaya aroma dan kuahnya lebih lezat kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
Gula merah yang sudah disisir halus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Bahan Pelengkap

Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu opornya.
Bawang merah goreng secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan.
Irisan daun bawang atau seledri bila suka.
Tomat segar secukupnya bila suka.

Cara Membuat Opor Telur

Pertama rebus telur ayam nya sampai matang kemudian kupas kulit telurnya dan sisihkan.
Kukus tahu putih yang digunakan sebentar saja kemudian sisihkan. Kalau terlalu besar dapat dipotong kotak sesuai selera.
Sangrai kunyit, ketumbar, kemiri dan merica butirannya sebentar. Bisa di lewati dan langsung dihaluskan juga bisa.
Haluskan bawang merah, bawang putih bersama dengan merica, ketumbar, kemiri dan kunyitnya sampai benar-benar halus.
Siapkan wajan dengan minyak secukupnya kemudian tumis bumbu halus opor telur diatas sampai wangi.
Tuang 800 ml santan bersama dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas, batang sereh dan gula merahnya dan kemudian aduk.
Masukkan telur ayam bersama dengan tahu dan bahan tambahan lain kalau ada.
Masukkan kaldu ayam dan garam dapurnya kemudian masak kembali sambil diaduk sampai matang dan bumbunya meresap.
Tes rasa opor telornya dan tambahkan garam dapur atau kaldu bubuk bila kurang.
Aduk kembali dan matikan setelah bumbunya meresap.
Tuang diatas mangkuk sajian dan beri taburan bawang merah goreng, daun bawang dan tomat segar.

Selesai sudah proses memasak resep masakan tradisional ini. Tidak terlalu sulit dan sederhana bukan cara membuat opor telur tadi. Walaupun begitu, rasanya berani dibandingkan dan kuah nya juga nikmat sekali. Kuncinya memang terletak pada bumbu opor telor yang kita gunakan tadi. Untuk yang suka pedas dapat digunakan beberapa buah cabai atau ditambah kentang dan wortel untuk pelengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *