Resep Sarden Ikan Rumahan Dan Cara Masak Bumbunya

Resep Sarden Ikan Rumahan Dan Cara Masak Bumbunya

Cara Memasak Resep Sarden Ikan Tongkol, Ikan Pindang, Ikan Salem Yang Mudah, Praktis dan Lezat. Pasti sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa banyak sekali kandungan gizi yang ada di tubuh ikan. Untuk itu kali ini kita akan mengajak teman teman untuk membuat hidangan masakan sehari hari dengan memasak sarden ikan tongkol, salem, pindang ataupun jenis lainnya. Memang paling mudah dan praktis memasak sarden kaleng yang memang dengan mudah dapat kita beli di toko kelontong ataupun minimarket dekat rumah.

Tidak butuh banyak tambahan bumbu sarden (walaupun tetap harus memakai bumbu tambahan supaya hasilnya enak dan lebih lezat) sudah dapat kita masak, tetapi kalau dibandingkan dengan resep sarden ikan yang akan kita buat nanti pasti kalah maknyus lah. Selain itu, bumbu untuk membuat resep ikan sarden juga lebih komplit dan zat gizi, protein, omega 3 dan kandungan gizi lainnya lebih terjaga kalau kita masak sarden sendiri di rumah. Teman teman jangan khawatir, dibawah kita berikan juga tips cara memasak sarden yang benar supaya hasilnya maksimal dan tidak bau amis.

Seperti juga resep ikan sarden kaleng yang biasa kita beli untuk resep menu masakan sehari-hari di rumah, resep sarden Ikan kali sebenarnya juga memakai ikan sarden yang masih segar dan baru ya. Kenapa harus ikan segar? Pasti teman teman sudah tahu bahwa ikan sarden yang baru ditangkap lebih fresh, juicy dan lebih enak bila dimasak dengan bumbu sarden spesial yang akan kita buat kali ini. Ikan yang biasanya bentuknya kecil dan tidak terlalu besar ini memang paling pas sekali kalau dimasak menjadi ikan bumbu sarden. Harganya cukup murah dan dijangkau serta biasanya dengan mudah dapat kita temukan di pasar tradisional. Selain itu, kandungan gizinya juga masih terjaga kebaikannya, seperti vitamin B12 yang bagus buat kesehatan jantung, kalsium, protein dan kandungan gizi baik lainnya.

Memang kalau kita tidak punya banyak waktu, menyiapkan resep ikan sarden kalengan jauh lebih praktis dan mengemat waktu dan tenaga. Tetapi tentu saja kesegaran dan kandungan gizi resep masakan sarden kalengan lebih rendah kalau dibandingkan dengan resep sarden ikan yang dibuat sendiri menggunakan ikan dan bumbu sarden yang kita buat sendiri.

Selain itu, semua masakan yang dikemas dalam kaleng tentu mengandung bahan pengawet yang tidak terlalu bagus untuk kesehatan, terutama buat anak anak. Dan juga pasti banyak mengandung MSG yang berbahaya buat kesehatan. Jadi pilihan memang tergantu di diri kita sendiri. Apa mau praktis atau sedikit repot tapi kualitas dan citarasanya benar benar dijamin.

Bila memang teman teman tidak dapat menemukan ikan sarden di pasar, resep sarden ikan yang akan kita buat nanti juga dapat menggunakan jenis ikan segar lainnya, seperti ikan salem, ikan mackerel atau ikan tongkol. Jenis jenis ikan yang tadi disebutkan cocok sekali karena teksturnya dagingnya cukup empuk tetapi tidak lembek sehingga pas sekali dikombinasikan dengan bumbu ikan sarden spesial yang akan kita buat nanti. Bila memang ikan segar tidak ada, ikan tongkol yang sudah dipindang sebenarnya juga dapat digunakan untuk membuat hidangan ikan sarden buat sarapan, makan siang atau menu makan malam bersama dengan keluarga di rumah.

Karena kita akan membuat resep sarden ikan yang mirip sekali dengan sarden ikan kalengan, makanya ikan segar yang kita pakai nanti sebaiknya dipresto terlebih dahulu supaya mempunyai tekstur yang lunak sampai ke tulang ikannya. Tetapi kalau teman teman tidak suka terlalu empuk tekstur dagingnya, proses pemasakan prestonya dapat dikurangi waktunya atau dapat juga digoreng biasa terlebih dahulu tanpa dipresto sampai setengah matang saja ya. Sebelum digoreng jangan lupa dicuci bersih dengan air mengalir dan lumuri dagingnya dengan campuran air jeruk dan sedikit garam dapur beryodium. Kemudian diamkan sebentar di lemari pendingin supaya meresap dan bilas lagi dengan air mengalir supaya bersih. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat bahan dan bumbu ikan sarden beserta tips cara membuatnya di bawah ini ya.

Bahan dan Bumbu Sardem Ikan Enak, Empuk dan Lezat
Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan segar kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Dapat menggunakan ikan tongkol, ikan mackerel, ikan salem atau pindang.
Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis dan digoreng sebentar.
Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris irsi tipis dan digoreng juga.

Buah cabai merah besar secukupnya sesuai selera. Cuci bersih sebelum digunakan dan buang biji dalamnya. Dapat ditambahkan atau dikurang sesuai selera.
Buah tomat segar yang sudah matang yang berukuran cukup besar kurang lebih sebanyak 2-4 pcs untuk membuat sausnya.
Saus tomat kualitas bagus sebagai bahan tambahan kurang lebih sebanyak 5 sendok makan saja.

Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya lalu memarkan sebelum dimasak.
Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
Air bersih matang secukupnya ataukurang lebih sebanyak 250ml sampai 450 ml saja.
Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
Minyak goreng secukupnya.
Air jeruk nipis secukupnya untuk melumuri ikannya dan mengurangi bau amis khas ikan.

Cara Masak Ikan Sarden Yang Mudah, cepat dan Praktis
1. Langkah pertama cuci bersih ikan yang akan digunakan dengan air mengalir, buang kepala dan ekornya. Kalau perlu potong menjadi beberapa bagian kalau ikannya besar.

2. Tuang dan lumuri ikan yang sudah dicuci dengan air jeruk nipis sampai merata di semua permukaan ikan lalu diamkan sebentar di lemari pendingin setelah itu bilas kembali dengan air mengalir dan tiriskan sebentar supaya airnya hilang.

3. Siapkan paci presto dan masukkan ikan yang sudah ditiriskan beserta irisan bawang putih goreng dan irisan bawang merah goreng. Aduk aduk sebentar supaya merata tidak perlu dihidupkan terlebih dahlu prestonya).

4. Siapkan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya.

5. Masukkan bawang putih yang sudah digeprek dan aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum khas tumisannya.

6. Masukkan irisan buah cabai beserta buah tomatnya kemudian aduk aduk dan masak kembali sampai setengah matang saja.

7. Tuang air bersih yang sudha dipersiapkan beserta gula pasir dan garam dapur breyodium secukupnya kemudian aduk aduk sebentar dan masak sampai semua bahan matang.

8. Setelah matang cicipi dahulu dan tambahkan garam dapur dan gula kalau diperlukan lalu masukkan saus tomat dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.

9. Siapkan blender dan masukkan semua bahan yang sudah dimasak diatas dan blender sampai semua bahan halus berbentuk seperti saus kental.

10. Setelah halus, masukkan hasil blenderan diatas kedalam panci prestonya bersama margarin kemudian aduk aduk sebentar dan masak dan presto sampai matang dan lunak (kurang lebih selama 20-40 menit).

11. Setelah selesai, diamkan dahulu sampai uap panasnya habis kemudian tuang di piring hidangan dan siap untuk menu makanan buat keluarga.

Selesai sudah cara memasak sarden ikan yang mudah dan praktis, tetapi rasanya enak dan lebih lezat daripada resep ikan sarden kalengan. Selain itu kandungan gizinya juga lebih baik karena tidak memakai bahan pengawet dan msg yang berbahaya buat kesehatan seluruh anggota keluarga.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *