Bagaimana Cara Memasak Yang Baik Dan Sehat Di Rumah?

Bagaimana Cara Memasak Yang Baik Dan Sehat Di Rumah?

Cara memasak yang baik dan sehat. Tips ini untuk para ibu yang suka memasak makanan di dapur. Nah, bagaimana memasak yang baik dan sehat, karena memasak juga berpengaruh pada kesehatan. Kalian harus memperhatikan cara masak yang baik dan benar, sehingga nilai gizi, vitamin, dan zat-zat penting bagi tubuh tidak hilang.

Cara memasak yang baik dan sehat. Mungkin banyak hal dibawah ini, akan menambah wawasan Kalian tentang cara memasak agar semua bahan kandungan seperti nutrisi dan kandungan gizi tak akan lenyap. Dengan hal itu, maka Kalian akan membuat makanan yang nantinya berpengaruh baik pada kesehatan keluarga. Oke bagaiamana memasak makanan dengan cara yang benar untuk tetap sehat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Cara Memasak Yang Baik Dan Sehat

Ada hal yang harus Kalian perhatikan dalam memasak, supaya hasil dari masakan Kalian baik dan menyehatkan.

1. Mengukus makanan sebagai cara melindungi zat gizi

memasak yang baik dan sehat adalah dengan mengukus makanan untuk melindungi lebih banyak gizi dan rasa sayuran segar, cara mengukus lebih baik dibandingkan merebus yang melarutkan beberapa zat gizi ke dalam air, saran terbaik untuk memasak yaitu dengan menggunakan microwave untuk melindungi zat gizi pada sayuran.

2. Hindari memotong sayuran terlalu lama sebelum dimasak

Jarak yang terlalu lama antara saat memotong sayuran dengan memasak, dapat mengakibatkan sayuran atau buah dapat menimbulkan kerusakan, alasanya potongan sayuran atau buah-buahan dapat terpapar panas, cahaya dan oksigen, si perusak gizi, lebih baik memotong sayuran atau buah saat akan dimasak atau dimakan.

3. hindari panas, cahaya dan oksigen

Bahwa panas, cahaya dan oksigen merupakan perusak alami vitamin pada buah dan sayuran, walaupun demikian memasak dengan proses yang singkat dan metode penyimpanan menjada salah satu usaha mempertahankan zat gizi.

4. Merebus sayuran dapat menghilangkan vitamin C

Tips memasak yang baik dan sehat selanjutnya dengan menghindari merebus sayuran karena bisa menghilangkan kandungan vitamin C dan beberapa vitamin B yang memang bersifat larut dalam air.

Merebus dalam waktu yang lama juga dapat mempengaruhi indeks glikemik makanan. vitamin B dan C juga akan berkurang, jika dibiarkan hangat terlalu lama atau terlalu panas. Sebaiknya tidak memasak makanan yang mengandung zat pati seperti kentang.

5. Tidak memotong sayuran dan buah dengan ukuran kecil

Baca juga: Tips Sehat Menyimpan Bahan Makanan Di Kulkas
Hindari memotong sayuran dengan ukuran yang kecil. Dikarena dengan memotong sayuran dan buah dalam bentuk yang kecil bisa terpapar panas, cahaya dan oksigen bisa merusak zat gizi pada makanan, sebaiknya potong sayuran dengan ukuran yang agak besar, karena semakin kecil potongan sayur atau buah, semakin banyak pula vitamin dan mineral yang dapat larut dan hilang.

Faktor Yang Menghilangkan kadar Nutrisi Di Dalam Sayuran Yang Dimasak

Dalam memasak yang baik dan sehat tentu tidak menginginkan kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran jadi hilang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, supaya hal tersebut tidak terjadi yaitu dengan cara:

Jangan terlalu banyak air untuk merebus
Membuang air perebusan setelah dipakai untuk merebus dan tidak dipergunakan sebagai bagian dari masakan.
Sayuran yang akan direbus, jangan dipotong-potong dalam ukuran yang kecil-kecil dan dibiarkan lama sebelum dimasak.
Biarkan air perebusan mendidih dahulu sebelum sayuran dimasukkan ke dalamnya.
Jangan biarkan keadaan panci terbuka pada waktu merebus, sebaiknya merebus dalam keadaan panci ditutup.

Demikianlah cara memasak yang baik dan sehat, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *